Bergabunglah Segera di " Weekend I Ching Acupuncture Clinic ". Observe and Experience .

Saya Mengundang teman2 yang ingin melihat langsung dan mengalami bagaimana style akupunktur " I Ching - Ba Gua ", untuk bergabung dalam klinik baksos yg saya buka sebulan sekali di hari minggu. Ini adalah kesempatan untuk mengenal dan mempelajari lebih jauh tentang Acupunture Meridian Therapy . Peserta dibatasi hanya Lima orang dalam tiap event. Untuk Lengkap nya silahkan simak pengumuman dan acara -event di group Facebook " Akupunktur Riset dan Study Group- Indonesia "

Monday, July 30, 2012

Tai Yang- Tai Yin : The OPENING


Dear Friends ,

Menjawab pertanyaan yg menarik dari salah seorang member di Forum FB ( Saudara Fajar Mangkubulan ), sengaja saya gunakan sarana media di blog saya untuk menjawab pertanyaan yg menurut saya perlu tempat yg cukup bebas untuk menjelaskan nya, karena kapasitas ruang yg terbatas di forum FB.

Untuk lebih jelas nya , saya akan copy kembali statement dari saudara Fajar
….. “kenapa ya kalo orang kena flu badan/persendian ikut pada linu....ini akibat flu karena udara dingin mohon sharingnya ......karena sekarang sedang musim kemarau tapi dingin luar biasa” ....

Pertanyaan nya menjadi menarik untuk saya angkat di artikel saya, karena beberapa Hal : 

1 *      Bahwa sebenarnya menurut saya hal ini seharus nya sdh discover dalam pendidikan dasar akupunktur tentang Penyebab Penyakit Luar ( PPL )
2 *      Mungkin Saudara Fajar memendam rasa penasaran, kalau2 ada tanggapan dari teman2 lain di forum yg lebih menginspirasi beliau tentang PPL.
3 *      Bisa saja bahwa saudara Fajar sedang mendapatkan pasien dengan keluhan PPL spt yg disebutkan diatas, namun juga diikuti dgn keluhan2 lain nya yg terkadang bisa sangat membingungkan dari mana untuk memulai therapy nya

Dari semua alasan diatas, menurut saya Mas Fajar sudah melakukan suatu stimulasi kepada group FB kita semua untuk mulai memperhatikan detail dalam strategy Therapy Akupunktur yg lebih terarah, dan secara pribadi saya sangat bersyukur dan berterima kasih kpd Mas Fajar, karena Paling tidak beliau sdh memebrikan Inspirasi pada saya untuk mengisi artikel kembali di Blog saya ( karena terkadang mencari thema yg menarik untuk disajikan bukan suatu perkara yg mudah bagi saya , heheheee….. thx Mas Fajar… )

Ok, Untuk menjawab Hal ini , tentu saja saya akan memberikan ulasan saya dari sudut Akupunktur- Meridian Therapy  ( yang sedang gencar saya perkenalkan di Indonesia )  . teman2 yang sudah nyaman dgn TCM Akupunktur, silahkan menganalisa nya menurut Ba-Gang tools dan itu merupakan maslah pilihan masing2.

Memahami perjalanan meridian dalam Topografi tubuh manusia, maka bisa kita lihat bahwa Tai Yang adalah bagian terluar dari tubuh manusia yg notabene bisa dikatakan sebagai pagar pertahanan tubuh.  Dengan kasat mata, maka hal yg menyangkut dengan Tai Yang terjadi pada area permukaan tubuh yg paling luar, baik hal itu di kulit, maupun radiasi kehangatan tubuh yg menjaga permukaan kulit dan tentu saja otot di bawah kulit.

Dalam Hal ini lah, maka dalam kitab klasik disebutkan bhw Tai Yang adalah Pembuka – The OPENING ….
Pembuka –Opening  = Mengacu pada titik kontak terluar dari tubuh dengan lingkungan luar

Hal selanjut nya yg juga memiliki kemiripan karakter dgn Tai yang, adalah Tai Yin,  dimana Tai Yin juga merupakan titik kontak pertama  dari organ2 Zang dalam tubuh untuk menerima nutrisi dari luar tubuh.

Sehingga bisa kita katakan dengan lebih sederhana bahwa pd bagian luar tubuh, pada saat Flu, dan kena udara dingin, maka hal ini bisa lebih jelas setelah kita memahami ulasan saya diatas. Karena mekanisme  serangan  PPL terhadap system Tai Yang membuat sirkulasi kehangatan tubuh dan pertahanan terluar ( WEI QI) menjadi terganggu,sehingga terjadi kontraksi dan stagnasi.

Kontraksi dan Stagnasi ini terjadi bukan hanya pada system Wei Qi, namun bisa juga terjadi pada Body fluid . Kedua hal inlah yg membuat rasa tidak nyaman pada otot dan persendian. Umum nya secara tradisional , jamu2an di Indonesia kita mengkonsumsi Jahe untuk memngembalikan kehangatan tubuh dan juga Bawang merah ( baik itu di konsumsi ataupun utk bahan borehan yg dicampur dengan minyak kelapa ), dalam fungsi nya bawang merah akan mengaktivkan sirkulasi dan membuka pori2 untuk mengusir PPL.

Sedangkan prinsip therapy pada Meridian Akupunktur, maka tentu saja harus di gunakan Meridian Tai Yang dan Tai Yin secara synergy untuk mengembalikan keharmonisan system pertahanan tubuh kita.

Menarik untuk saya sampaikan adalah , bahwa kasus ini sempat terjadi pada salah seorang peserta WS 1-2 di Jakarta ,saat saya memberikan pelatihan di gedung TIFA. Pasien dengan keluhan seperti yg disebutkan oleh Mas Fajar, bahkan ada beberapa symptom ikutan lain nya yg cukup menyiksa dan mengganggu  beliau. Dan dengan menerapkan strategy therapy pada meridian Tai Yang- Tai Yin, maka dalam waktu 5 menit keluhan reduce secara significant… hal ini banyak di saksikan oleh teman2 peserta WS……

Untuk lebih jelas nya, bagaimana strategy  memilih meridian dalam situasi klinik akan saya kover lebih mendalam di sessi 2 pelatihan yg sering saya adakan di beberapa kota di pulau Jawa.
Semoga penjelasan singkat ini, bisa memberikan gambaran kepada Mas Fajar dan teman2 lain nya…..      


0 comments: