Bergabunglah Segera di " Weekend I Ching Acupuncture Clinic ". Observe and Experience .

Saya Mengundang teman2 yang ingin melihat langsung dan mengalami bagaimana style akupunktur " I Ching - Ba Gua ", untuk bergabung dalam klinik baksos yg saya buka sebulan sekali di hari minggu. Ini adalah kesempatan untuk mengenal dan mempelajari lebih jauh tentang Acupunture Meridian Therapy . Peserta dibatasi hanya Lima orang dalam tiap event. Untuk Lengkap nya silahkan simak pengumuman dan acara -event di group Facebook " Akupunktur Riset dan Study Group- Indonesia "

Monday, July 2, 2012

Gall Bladder – “The Mover”


Salam sehat ,
Dalam beberapa bulan terakhir, saya menerima banyak email dan inbox dari teman-teman di beberapa kota , yang menanyakan tentang Therapy untuk pasien Pasca Stroke.
Jadi untuk memperjelas / mempersingkat penjelasan, spy tidak usah berulang-ulang saya sampaikan kpd seorang demi seorang, maka ada baik nya saya ulas sedikit prinsip pemilihan meridian yg paling utama untuk therapy Pasca Stroke.
Dalam banyak buku terbitan dari TCM- Acupuncture di China, banyak di anjurkan untuk therapy pasca stroke adalah pada Meridian Yang Ming, karena dgn alas an bahwa Karakter dari Yang Ming adalah  “Full of Qi dan Xue”, shg  titik-titik seperti Li4,Li11,St36 adalah pilihan favorit untuk di gunakan dalam therapy Pasca Stroke.
Memang harus diakui bahwa secara umum  Yang Ming ( bahkan juga Pi-Wie), bertanggung jawab dalam hal mensupply nutrisi kepada seluruh tubuh , dan tentu saja pada otot dan tendon.
Namun , dengan pemahaman yg Fair dan jujur, harus kita pahami bahwa, kondisi yg menyebabkan gangguan pada alat gerak penderita pasca stroke adalah bukan karena Mall nutrisi yg diderita nya,… namun kebanyakan bahkan sebalik nya, yaitu over / excessive kandungan nutrisi di dalam darah yg menyebabkan kekentalan darah, dan segala macam manifestasi nya ( cholesterol, triglyceride, dll ), yg pada giliran nya menyebabkan pengerasan dinding pembuluh darah dan naik nya tekanan darah.
Jadi menurut pendapat saya dan pendekatan secara functional Meridian Therapy, pemilihan meridian Yang Ming  dalam Hal therapy stroke perlu di pertimbangkan ulang , walaupun saya tidak menyangkal bahwa ada level success rate yang telah di dapat oleh para TCM- scientist di China dgn pendekatan tsb.
Mengacu dari sudut pandang Functional Meridian Therapy, maka saya lebih memilih untuk menggunakan meridian Gall Bladder, atau lebih lengkap nya saya katakan “Shao Yang “ . karena akan melibatkan  meridian San Jiao dan Gall Bladder.
Ada begitu banyak alasan yg bisa saya berikan bagai mana penting nya Gall Bladder meridian untuk menunjang keberhasilan therapy akupunktur untuk penderita Pasca Stroke. Salah satu dari sekian banyak bukti yg akan saya berikan di tulisan ini adalah jika kita memperhatikan Karakter dan Indikasi titik pada GB 34 dan GB 31, dimana kedua nya menunjukan betapa ada pengaruh besar dalam Hal pergerakan otot dan tendon , serta pengaruh pathogen Angin.
Dalam aplikasi klinik nya, tentu saja kita bisa gunakan sirkuit Jue Yin- Shao Yang untuk mendapatkan Hasil yang maksimal.

Untuk teman2 yang baru saja ikut dalam workshop saya tentu sekarang bisa lebih paham alas an yg saya berikan.
Dalam satu kata sederhana mengacu dari pendekatan Functional Meridian Therapy,… maka Gall Bladder is “ The Mover “…….



 Ditengah kemelut pergolakan dunia,.. dua pendekar sabuk hitam siap bertarung,… sementara “The Emperor” terus mengamati, sambil menghirup kehangatan the ginseng nya……… (hehehe.. maaf yah teman2, ini kata sandi- puisi  yg saya tujukan ke sahabat saya….. )

0 comments: