Bergabunglah Segera di " Weekend I Ching Acupuncture Clinic ". Observe and Experience .

Saya Mengundang teman2 yang ingin melihat langsung dan mengalami bagaimana style akupunktur " I Ching - Ba Gua ", untuk bergabung dalam klinik baksos yg saya buka sebulan sekali di hari minggu. Ini adalah kesempatan untuk mengenal dan mempelajari lebih jauh tentang Acupunture Meridian Therapy . Peserta dibatasi hanya Lima orang dalam tiap event. Untuk Lengkap nya silahkan simak pengumuman dan acara -event di group Facebook " Akupunktur Riset dan Study Group- Indonesia "

Wednesday, June 27, 2012

Empat Lautan- Ling Shu Chpt 33 (Sea Of Qi, Blood, Marrow, Nourishment)


Salam sehat,
Sebelum nya saya mohon maaf utk teman2 pengungjung setia blog saya, krn sdh cukup lama sy blm sempat nulis artikel. Dalam tulisan kali ini, saya mengangkat topic yg ( menurut saya ) cukup penting untuk disimak oleh rekan2 akupunkturist.

Tulisan ini terinspirasi karena banyak nya email yg masuk  dari rekan2 therapist yg pernah ikut dlm workshop saya,.. maupun juga teman2 diluar pulau yg berkonsultasi dgn saya untuk penanganan kasus2 yg di jumpai di klinik . Umum nya saya merekomendasikan titik2 yg bias ditusuk, ataupun juga meredian2 yg harus di fokuskan dlm therapy. Namun, ada bbrp kasus yg tidak mendapatkan hasil yg sempurna. Atau bisa  dikatakan kasus nya bandel.

Dalm Hal ini, jika teman2 mendapatkan kasus yg bandel, ada baik nya kita mempertimbangkan untuk menggunakan parameter  kondisi ke 4 lautan pada Pasien ybs.

Sebelum saya membahas lebih jauh, saya akan share ttg kasus yg pernah saya jumpai dari seorang pasien saya, bagaimana parameter 4 lautan ini bisa sangat berguna utk kasus2 yg bandel.

Ibu Mona , 65 thn , datang dgn keluhan Frozen shoulder, maka dgn standard therapy nyeri yg biasa saya lakukan proses penusukan mulai berlangsung. Namun sesudah lebih dari 8 visit tidak tampak perubahan yg signifikan dari keluhan nyeri nya. Saat itu mulailah  saya menganalisa ulang kondisi Ibu Mona , khusus nya  dgn menganalisa kondisi 4 lautan nya…, dan saat itu saya temukan bahwa kondisi “ Sea of Nourishment “ mengalami ganggunan yg cukup serius.  Perubahan strategy therapy untuk berfokus pd “ Sea of Nourishment “  segera saya lakukan. Dan puji Tuhan,… sesudah dilakukan 3 visit, perubahan bagus mulai terlihat, gerakan  tangan mulai menunjukkan hasil yg menggembirakan, pada visit ke 15 gerakan sudah bagus semua, bisa dikatakan normal 95%, visit ke 20 semua bisa dikatakan normal.

Pada tahapan awal perkembangan janin, energy prenatal ( Jing + Yuan ), bekerja untuk menghasilkan  4 substansi basic ( Qi, Xue, Marrow , Ying ). Ke 4 bahan dasar inilah yg berperanan penting untuk perkembangan – pertumbuhan janin.

Dalam suatu percakapan antara Huang Di dan Qi Bo ( Ling Shu chp 33), Qi bo menjelaskan bahwa ke 12 Meridian  mengalir melalui ke 4 lautan ini , dimana ke 4 lautan ini bisa di posisikan seperti arah 4 mata angin  Utara, Selatan, Timur dan Barat.

Jadi bisa dikatakan bahwa formasi nya seperti tanda Salib, atau lebih tepatnya tanda tambah.
-          -Pada posis vertical ( arah jarum jam 12) diposisikan “ Sea of Blood “ , dgn Jantung sebagai penguasa nya.
-          -Pada posisi horizontal ( arah jarum jam 3 ) diposisikan  “Sea of Qi” , dgn Paru-paru sebagai penguasanya
-          -Pada posisi vertical ( arah jarum jam 6 ) diposisikan “ Sea of Marrow “ , dgn Kidney sebagai penguasanya.
-          -Pada posisi horizontal ( arah jarum Jam 9 ) diposisikan “ Sea of Nourishment “ , dgn Liver sebagai penguasanya

Jadi kalau teman2 perhatikan, bahwa pada poros vertical kita jumpai ada  “ Sea of blood “ dan Sea of Marrow “ . Poros vertical ini disebut juga poros Langit ( Heaven Axis ) ,  selanjutnya pada poros horizontal kita jumpai  ada “ Sea of Blood “ dan Sea of Nourishment “. Poros horizontal ini disebut juga poros BUMI ( Earth axis )
“ Sea of Blood “ dan 12 meridian adalah  Chong Mai
“ Sea Qi “ terletak di dada.
“Sea of Nourishment “ =  Sea of water and Grain , terletak di area Perut. Hal ini bukan hanya semata2 dikerjakan oleh Liver, namun juga mencakup seluruh sitem perncernaan.
“ Sea of Marrow “ adalah Otak.

Lebih dalam lagi, mari kita perhatikan  Poros vertical , dimana  Jantung dan Ginjal merepresentasikan suatu poros  penting yg meliputi kondisi SHEN ( spirit), Jiwa, Hasrat dan Consciousness  dan Genetik – reproduksi  seseorang.
Poros vertical ini akan bekerja secara synergis untuk mensupport SHEN, tonik utk Jantung dan sirkulasi Xue , membangun Marrow dan supply JING . Titik-titik yg digunakan utk mensupport JING akan membantu utk memperkaya kondisi Xue melalui Marrow ( Sumsum), …. Marrow adalah produk dari JING yg ada di Kidney. Selanjutnya titik-titik yg mempengaruhi  body fluid  juga akan berdampak pada kualitas Xue ( bagian dari Jin- Ye di dalam Xue )

Pada poros Horisontal  ( Poros Bumi ), kita melihat ada nya hub yg kuat dari Zong Qi dan Ying Qi. Dimana dalam hal ini semua produk dari metabolism makanan akan di sebarkan keseluruh meridian di tubuh yang akhirnya  menuju ke organ Zang Fu.

Ke 4 Lautan ini berhubungan dengan gangguan energy yg terdalam dan kadang2 bisa di jumpai di klinik. Jika seorang pasien terlihat lambat response nya dgn therapy yg kita berikan ada baik nya kita mulai mengkonfirmasi kondisi ke 4 Lautan nya.

Menurut Ling Shu ( chpt 33 ) , Titik-titik yg bisa dipakai untuk mengaktivasi  ke 4 Lautan tsb , sbb:
-          Sea of Marrow   :  Du 20 , Du 16
-          Sea of Qi  :  St9, Du 14, Du 15
-          Sea of Blood :  Bl 11, St 37, St39
-          Sea of Nourishment : St 30, St 36

Demikianlah share artikel saya untuk kali ini, Adapun metode detail untuk mengkonfirmasi kondisi dari ke 4 lautan ini dan cara penggunaan titik-titik nya , akan saya bahas dalam training workshoplanjutan yg rutin saya adakan . Untuk informasi lebih jelas ttg Training-training nya, teman-teman bisa hub saya via email.
Dan yang minat ikut , ada event Workshop/ training yg segera akan berlangsung di Jakarta ( 7-8 Juli) – Level 1+2 , bisa segera menghubungi saya, saat ini masih tersisa beberapa space untuk peserta.
Email : teddy_kusnadi2001@yahoo.com  ,  Facebook Group : " Akupunktur Riset dan Study Group- Indonesia "


……“Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu, dan jangan bersandar pada pengertian mu sendiri. Akuilah Dia dalam segala laku mu, maka Ia akan meluruskan jalam mu. “……..  (Amsal Sulaiman)

0 comments: