Bergabunglah Segera di " Weekend I Ching Acupuncture Clinic ". Observe and Experience .

Saya Mengundang teman2 yang ingin melihat langsung dan mengalami bagaimana style akupunktur " I Ching - Ba Gua ", untuk bergabung dalam klinik baksos yg saya buka sebulan sekali di hari minggu. Ini adalah kesempatan untuk mengenal dan mempelajari lebih jauh tentang Acupunture Meridian Therapy . Peserta dibatasi hanya Lima orang dalam tiap event. Untuk Lengkap nya silahkan simak pengumuman dan acara -event di group Facebook " Akupunktur Riset dan Study Group- Indonesia "

Tuesday, September 20, 2011

Tai Yin- Functional Channel

Salam sehat,
Untuk memberikan sedikit gambaran tentang materi yang akan di bahas dalam retreat saya yang akan datang, dan sebagai jawaban atas permintaan teman2 yg menghubungi saya, maka dlm tulisan kali ini akan saya lanjutkan sedikit pembahasan tentang meridian Tai Yin, walaupun tahun kemarin pernah saya berikan sedikit cuplikan nya, kali ini adalah tambahan yg juga bisa melengkapi tulisan saya yg terdahulu.

Kalau dahulu ada saya bahas tentang karakter Tai Yin, maka dlm tulisan kali ini akan saya bahas tentang Fungsi biologis dari Meredian Tai Yin.

Dalam hukum biology, secara umum dapat kita pahami, bahwa setiap struktur hanya melakukan /memiliki satu fungsi. ( No Multi Tasking- No Multi Function ) Mis: mata, fungsi nya yg pasti adalah untuk melihat, Jantung fungsinya yg pasti adalah untuk memompa darah. Atas dasar pengertian itulah , maka tulisan saya kali ini akan mengupas fungsi dari Meredian Tai Yin.

Fungsi primer dari Meredian Tai Yin adalah absorber dan integrator ( menyerap dan mengintegrasikan ), apapun bentuk nya yg telah masuk ( terintegrasi) ke dalam tubuh akan di serap oleh Tai Yin. Jadi yg masuk ke tubuh bisa dalam bentuk makanan/minuman, udara, mental/emotional, pikiran/ pengetahuan. Jadi apapun yg masuk, maka Tai Yin akan berfungsi/ bertugas untuk menyerap nya.( tentu saja yg terutama adalah makanan ( SP ) dan Udara –LU ).

Maka setelah kita memahami fungsi/ tugas Tai Yin, maka segala sesuatu yg tertulis dlm Statement klasik tentang Tai Yin akan mudah kita mengerti. Berikut ini ada beberapa yg akan saya kutip dari bahan WS yang akan datang.

1) 1) Tai Yin bertindak sebagai Transformator dan Transporter. Hal ini sangat jelas sbg akibat yg mengikuti fungsi Tai Yin sbg absorber dan Integrator. Dalam hal penyerapan makanan, maka ukuran makanan akan di perkecil dan di transformasi ? dirubah bentuk nya menjadi ukuran yg bisa di serap., selanjut nya untuk menyempurnakan penyerapan ke seluruh tubuh, maka harus di transportasikan / di distribusikan.

2) 2)Energy Pathogen yg menjadi musuh Tai Yin adalah Lembab. Hal ini mudah di mengerti, karena : - semua aktivitas Transformasi dan transportasi yg di kerjakan Tai Yin di lakukan dgn media air.

- Jumlah air/ cairan yg berlebih akan memperlambat atau menurunkan performance Tai Yin

- Jika kondisi yg melambat ini terjadi dlm jangka waktu tertentu, maka akan terjadi akumulasi air/ cairan, sehingga kondisi ini di sebut Kelembaban atau Pathogen Lembab.

3) 3 )Dalam salah satu posting saya di group facebook, ada saya lemparkan pertanyaan, mengapa kondisi Kulit erat di hubungkan dengan Paru-Paru. Hal ini mudah di pahami, karena sebagai akibat dari aktivitas transporter, semua nutrisi di sebar sampai ke seluruh bagian tubuh, termasuk permukaan kulit. Dan tentu saja tugas transportasi ini adalah bagian dari Paru- Paru. Kondisi Paru-paru yg lemah akan membuat Performa kulit tidak maksimal,


Demikian lah sedikit prolog dari apa yg akan saya bahas di event Retreat yang akan datang : Acupuncture for Internal Medicine

0 comments: