Bergabunglah Segera di " Weekend I Ching Acupuncture Clinic ". Observe and Experience .

Saya Mengundang teman2 yang ingin melihat langsung dan mengalami bagaimana style akupunktur " I Ching - Ba Gua ", untuk bergabung dalam klinik baksos yg saya buka sebulan sekali di hari minggu. Ini adalah kesempatan untuk mengenal dan mempelajari lebih jauh tentang Acupunture Meridian Therapy . Peserta dibatasi hanya Lima orang dalam tiap event. Untuk Lengkap nya silahkan simak pengumuman dan acara -event di group Facebook " Akupunktur Riset dan Study Group- Indonesia "

Wednesday, July 27, 2011

Homo Erectus - "The Yangest" Creature on Earth- Suatu pendekatan aplikativ Meredian Teori

Salam Sehat,
Sudah sekian lama ini saya belum menulis artikel untuk blog ini, maaf untuk para teman2 yg rajin berkunjung ke blog ini. Ada banyak hal yg cukup menyita perhatian saya , sehingga tidak terlalu konsentrasi untuk memikirkan bahan artikel. Adakala nya sewaktu-waktu ada juga terlintas suatu bahan yg menarik untuk saya tuangkan dalam blog saya, namun karena tidak langsung di tulis, maka esensi yg mau dibahas itu hilang dan kelupaan.

Dalam tulisan kali ini saya mau mengupas tentang suatu konsekwensi sturktur anatomis manusia yg tegak berdiri ( Homo Erectus), terhadap kondisi kesehatan nya dan juga bagaimana Meredian theory sangat genius merancang nya dalam aliran Qi di tubuh manusia. Saya harapkan dari tulisan ini, rekan2 pembaca bisa semakin cinta dgn ilmu akupuntur.

Sebelum mengupas lebih jauh tentang hal itu, saya akan mengajak teman2 pembaca untuk memahami konsep vertikal dan horisontal dalam hubungan nya dengan Yin-Yang .
Dalam klasifikasi Yin-Yang, maka yang temasuk Yang adalah : Panas, terang, tegak, Luar, lingkungan external, Motor penggerak , aktiv/ aktivator, Langit.
Dan Yin adalah : Dingin, gelap, mendatar, dalam, internal, pergerakan, reaktiv, bumi.
Dengan demikian, maka vertical= tegak = Yang , dan horisontal = tidur/ datar = Yin

Mengupas tentang existensi manusia dan structur anatomis nya menjadi sangat menantang dan menarik jika di tinjau dari biology atau setidak nya dalam hal ini adalah Taoist Science ( TS ) yang mendasari Chinese Medicine (CM).

Secara anatomis, bisa dikatakan bahwa perbedaan yg paling mendasar antara Manusia (sebagai species) dengan hewan adalah orientasi Axis anatomy nya.Manusia dengan axis nya yang vertical sangat berbeda dengan hewan yg horisontal. Dalam hal ini species unggas tidak bisa dikatakan vertical, karena evolusi nya yg belum sempurna. ( harap merujuk pada teori evolusi Darwin)

Dengan tegak nya ( vertical) struktur anatomis manusia, hal ini membawa banyak konsekwensi bagi karakter dan kesehatan manusia. Untuk membahas lebih jauh tentang ini, ada baik nya jika Saya memakai pembanding nya pada binatang.


Pada mahluk hidup dgn struktur yang horisontal ( atau cenderung horisontal ) panas ( yang di terima dari luar / yang keluar dari tubuh ) akan terdistribusi pada bagian dorsal tubuh nya yg terpapar dengan luas. Memandang nya dari sudut Yin-Yang, bisa dikatakan mahluk horisontal lebih di pengaruhi oleh Axis bumi yang memberikan banyak Yin energy pada tubuh nya, maupun pada karakter nya.

Manusia sebagai mahluk yg tegak berdiri, lebih dipengaruhi oleh Axis Langit (vertical) yang banyak memberikan Yang energy pada tubuh nya, maupun karakter nya. Konsekwensi dari structur yg Vertical ini membuat Panas (baik yg dari dalam tubuh/ dari luar) akan banyak terkonsentrasi pada Kepala/ tubuh bagian atas ( Jiao Atas).

Dengan terjadi nya perbedaan Axis tubuh inilah bisa dikatakan aktivitas kehidupan manusia menjadi sangat dominan Yang, dibandingkan dengan kehidupan mahluk horisontal ( binatang pada umumnya ) yang karakter yin-yang nya relativ lebih stabil/ Yin.

Struktur vertical manusia adalah suatu design sistem konservasi energy yang briliant dalam hal mendistribusikan / memberi makan pada Otak manusia yang membutuhkan lebih dari 20% energy dan sirkulasi darah yg ada di tubuh nya.

Relativ terhadap berat tubuh nya, Binatang memiliki energy fisik yg lebih besar dibandingkan dgn manusia. Karena memang pada dasar nya hal ini sangat dibutuhkan Binatang untuk bertahan hidup. Dalam kondisi terancam, binatang akan ber Re-Aksi dengan naluri nya ( Instinc ) untuk merespon . Perburuan terhadap mangsa nya lebih diakibatkan sebagai tindakan Re- Aksi karena rasa lapar nya/ kebutuhan biologis nya. Bahkan pertarungan untuk menguasai teritorial baru terjadi karena Re-aksi atas habitat nya yang rusak atau karea kebutuhan supply pangan nya. Jadi bisa kita lihat disini, bahwa semua tindakan yg di lakukan oleh binatang , sebagian besar adalah suatu Re-aksi . Semua dilakukan secara spontanitas sebagai respon untuk bertahan hidup ( Survival Defensive ) , dan kondisi ini saya masukan dalam kategori YIN.

Pada manusia, walaupun tidak selincah dan sekuat fisik binatang, namun semua aktivitas nya terjadi karena perencanaan. Dan apapun juga aktivitas yang dilakukan sebagian besar menunjukan aksi - dominasi Agresiv dan Expansiv, tanpa terlalu banyak di pengaruhi oleh dorongan kebutuhan bertahan hidup. ( walaupun dalam kadar terentu kebutuhan survival masih mempengaruhi manusia, namun persentase nya jauh lebih kecil dibandingkan dorongan agresivitas nya ).

Dari penjabaran diatas, bisa saya simpulkan bahwa :
- Hewan/ Binatang memiliki insting / karakter : Responsive, Re-Aksi , Survival Defensive, sehingga bisa di katakan menjadi objek dari fenomena yang terjadi di sekitar kehidupan nya,.... YIN
- Manusia memiliki insting/ karakter : Inisiator Aksi, Agresiv, Expansiv, sehingga bisa dikatakan sebagai subjek terhadap lingkungan nya..... YANG

Dengan demikian saya menjumpai suatu keselarasan dari ayat kitab suci saya yang saya kutip sbb : ......"Penuhilah Bumi dan taklukan lah itu, berkuasalah atas ikan di laut dan burung diudara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.".......( kejadian 1: 28)

Maka inilah dia Manusia ( jika tidak terlalu berlebihan)....." Homo Erectus, The Yangest creature , Master of the Earth...."

Ada hal menarik lain nya yang bisa kita bahas dari sisi meredian teori, sebagai konsekwensi dari struktur Vertical tubuh manusia dan aliran meredian nya.
Jika kita amati Aliran meredian Utama, maka ada 3 meredian utama yang berfungsi membawa Yin Qi dari bumi ke tubuh Manusia; yaitu Tai Yin kaki, Jue Yin Kaki, dan Shao Yin Kaki.
Namun perjalanan Yin Qi dalam ke 3 meredian itu hanya berhenti sampai ke area sekitar Jiao tengah, dan yang terjauh adalah meredian Shao Yin Kaki yang mencapai ketinggian rusuk ke 1. Jadi bisa dikatakan tidak ada aliran Yin Qi yg melalui meredian Utama untuk sampai ke Jiao Atas dan kepala secara sempurna. Perjalanan Yin Qi ke Jiao atas dan kepala dilanjutkan melalui meredian cabang.
Seterus nya , perjalanan meredian Utama Yin tangan berawal dari area sekitar Jiao atas menuju ke ujung-ujung jari tangan, tanpa melalui kepala.

Sebalik nya perjalanan Yang Qi berawal dari Extreme Yang ( Langit), lalu menyentuh ujung-ujung jari tangan ( perhatikan lay out anatomis TCM dgn posisi kedua tangan diangkat keatas ) melalui 3 meredian Yang Tangan , kemudian terjadi transit di area kepala. Dari area kepala , perjalanan Yang Qi dilanjutkan oleh 3 meredian Yang kaki, dan turun menuju ke bumi.

Dari uraian diatas bisa di katakan bahwa manusia adalah pusat interaksi dari dua polaritas energy ( Yin - Yang). Namun bisa teman-teman bayangkan bahwa ada keterbatasan aliran Yin Qi yang tidak maximal. Dan sebagai mana terjadi transit Yang Qi di area kepala, ( meminjam fenomena stasiun transit kendaraan), maka kemungkinan terjadi nya stagnasi/ congestion di area kepala / Jiao atas adalah sangat besar. Hal ini bisa kita amati dari keluhan-keluhan yang sering kita jumpai di klinik , al : Sakit kepala, Darah tinggi, nyeri leher, nyeri tengkuk, Penyumbatan Jantung, insomnia , sinus , asthma dan banyak jenis lain nya lagi.

Ada fenomena lain lagi yang cukup menarik untuk kita bahas. Dengan tetap mengacu pada teori meredian, kita jumpai bahwa ke 3 meredian Yang kaki memulai perjalanan nya dari area sekitar mata. Sekali lagi saya mau katakan bahwa ini adalah suatu design yg Briliant.
Kalau kita pahami, dari semua organ indra yg dimiliki manusia, maka mata adalah satu-satu nya organ Yang dikepala ( yang langsung bersentuhan dengan dunia luar) . Ke 4 organ indra yang dimiliki manusia lebih bersifat menyerap atau menerima rangsangan dari luar tubuh (receptor); namun mata, selain menerima rangsangan/ informasi dari luar juga merefleksikan hasil dari pengolahan informasi yang terjadi di otak ( Reflector).
Dalam TCM kita ketahui bahwa mata merefleksikan kondisi SHEN seseorang. Kembali mengutip salah satu ayat dari kitab suci saya yg berkata; " Mata adalah jendela hati...."
Bahkan bisa dikatakan bahwa untuk memahami kondisi SHEN seseorang, satu-satu nya organ yg bisa di andalkan adalah mata.
Dalam dunia tinju atau silat, dikatakan bahwa meskipun tubuh belum bergerak, tapi pancaran mata sudah bisa terdeteksi.
Jadi saya simpulkan bahwa untuk memulai perjalanan Yang Qi dari kepala, adalah sangat Ideal untuk memulai nya dari mata, karena Mata adalah satu-satu nya organ di kepala yang berhubungan sangat dekat dengan SHEN ( SHEN = Conciousness = the supreme Yang of Human = the Essence of the Emperor/ Ht ) Saya tidak tahu siapa yang mendesign aliran garis meredian dalam Chinese medicine, namun semakin dalam saya mempelajari nya semakin saya dibuat kagum akan kehebatan daya pikir para pendahulu kita.

Sebagai penutup, akan saya share titik-titik yang layak untuk kita perhatikan untuk mengantisipasi kondisi stagnasi / penumpukan Yang Qi dan terputus nya aliran Yin Qi di area Jiao atas dan kepala. Titik-titik nya al ; Ki6, Bl62, Bl67, Bl65, Gb44, Gb43.....

Demikianlah artikel saya untuk kali ini. Untuk selanjut nya teman-teman bisa memperhatikan penempatan titik- titik di sepanjang meredian dan karakter serta fungsi nya, bahkan titik-titik Hui / pertemuan juga layak untuk di pelajari, dengan demikian teman-teman akan memahami dan lebih kagum atas hikmat para pendahulu kita, betapa detail nya mereka memahami Anatomi dan fenomena tubuh manusia.


Kemuliaan Tuhan adalah merahasiakan sesuatu, kemuliaan raja-raja adalah menyelidiki sesuatu......




0 comments: