Bergabunglah Segera di " Weekend I Ching Acupuncture Clinic ". Observe and Experience .

Saya Mengundang teman2 yang ingin melihat langsung dan mengalami bagaimana style akupunktur " I Ching - Ba Gua ", untuk bergabung dalam klinik baksos yg saya buka sebulan sekali di hari minggu. Ini adalah kesempatan untuk mengenal dan mempelajari lebih jauh tentang Acupunture Meridian Therapy . Peserta dibatasi hanya Lima orang dalam tiap event. Untuk Lengkap nya silahkan simak pengumuman dan acara -event di group Facebook " Akupunktur Riset dan Study Group- Indonesia "

Tuesday, January 11, 2011

Needling technic ( Bu - Xie)

Salam sehat,
Saya ucapkan Selamat Tahun Baru untuk semua teman2 pengunjung blog saya.
Dalam artikel kali ini , saya terinspirasi untuk mengulas sedikit tentang teknik manipulasi jarum untuk tonifikasi dan sedasi.

Dalam banyak pertemuan dan percakapan via web atau pertanyaan2 yang masuk dalam mail saya, sering saya jumpai pertanyaan dari teman2 tentang titik- titik apa saja yg bisa di pakai dalam kondisi penyakit tertentu.

Dalam hal ini , Biasa nya saya memberikan rekomendasi beberapa titik yg bisa di pakai. Dan banyak kali saya jumpai pertanyaan lanjutan dari rekomendasi saya.... " Titik nya di Bu atau Xie..?

Sebenarnya, melihat dari pertanyaan kedua , ada timbul perasaan lucu dalam hati saya. Pertanyaan ini sebenarnya timbul paling tidak dari 2 kondisi yang terjadi dalam skill si penanya.
1) Tidak menguasai teknik diagnosa dengan baik. Dalam hal ini phenomena
pathophysiology dari Meredian mau pun organ Zang Fu
2) kurang nya memahami teori dinamika Qi dari phenomena 5 unsur.

Kedua kondisi diatas inilah yg menggelitik hati saya untuk mengadakan workshop-workshop dan menulis di blog ini selama ini.

Dengan kenyataan ada nya kelemahan dlm 2 Hal ini mengakibatkan banyak praktisi yg tersebar di masyarakat adalah praktisi yang menghapal formula untuk penyakit atau keluhan para pasiennya. Dan kalau sudah mentok dan tidak tahu lagi harus terapkan jurus apa untuk pasien nya ( yg jika setelah berkali-kali berkunjung masih saja tidak ada perbaikan ) , maka jadilah akupunkturist gaya lokal... Maksud nya bagian manapun yang sakit , disitulah yang di tusuk. Yang menjadi sangat membingungkan adalah bagai mana kalau pasien nya menderita wasir atau prostat. Apakah akan akan di tusuk titik CV1 atau Du 1...?
(Saya pernah baca di salah satu buku dimana di berikan resep untuk wasir adalah direct moxa cone di titik Du1 dan Du2.......Kind of Crazy book I think..!!! )

Hal lain yang saya jumpai adalah banyak dari teman2 yang bertanya tidak menguasai dengan baik bagai mana mengaplikasikan teknik Bu Xie dengan baik. Ada yang berkata bahwa kalau tonik antara 10-15 menit jarum nya di tinggal, kalau sedasi jarum nya ditusuk selama lebih dr 20 mnt. Hal ini bisa saja di lakukan, dan merupakan salah satu teknik yang banyak di terapkan oleh praktisi di indonesia.

Namun ada juga yang berkata kalau tonik lakukan searah jarum jam, kalau sedasi lakukan berlawan arah jarum jam., namun dalam hal ini bisa juga bikin bingung kalau yang di tusuk tangan kiri atau tangan kanan dan kalau posisi pasien telungkup atau terlentang...

Dalam kesempatan hari ini, saya akan memberikan 1 tips yang cukup bermanfaat dan mudah berkenaan dengan hand manipulation technic

1) Tonifikasi : lakukan penusukan sampai De Qi, lalu tarik jarum sampai dengan kedalaman jarum anatara 2ml s/d 5ml dari permukaan kulit, lalu pada 10 menit pertama lakukan stimulasi sekitar 1 menit, dan jarum di tusuk lebih dalam sampai lebih kurang 1/3-1/2 panjang jarum yang di pakai.
Pada 10 mnt ke 2, kembali jarum distimulasi 1 menit, kemudian ditusuk lebih dalam lagi sampai kedalaman 2/3 atau 3/4 panjang jarum.
Dan pada akhir sessi therapy ( dalam 30-40mnt), jarum kembali di stimulasi selama 1-2 menit , kemudian jarum bisa di cabut.
Penusukan jarum jangan sampai menggunakan seluruh badan jarum, untuk mencegah kemingkinan jarum patah, sehingga masih ada bagian jarum yg tersisa di permukaan kulit.

2) Sedasi : Lakukan penusukan sampai De Qi, lalu benamkan jarum sampai kedalaman 2/3 atau 3/4 panjang jarum, pada 10 mnt pertama jarum nya ditarik sampai kurang lebih 1/3 atau 1/2 panjang jarum , pada 10 mt ke 2 jarum bisa di tarik lagi hingga hanya tinggal 2 ml atau 5ml yg tertanam dalam tubuh pasien...
jarum bisa di cabut setelah 30-40 menit .

Demikian teknik penjaruman yang sederhana dan tidak menimbulkan kebingungan yang bisa share dengan teman-teman, semoga bermanfaat.

0 comments: