Bergabunglah Segera di " Weekend I Ching Acupuncture Clinic ". Observe and Experience .

Saya Mengundang teman2 yang ingin melihat langsung dan mengalami bagaimana style akupunktur " I Ching - Ba Gua ", untuk bergabung dalam klinik baksos yg saya buka sebulan sekali di hari minggu. Ini adalah kesempatan untuk mengenal dan mempelajari lebih jauh tentang Acupunture Meridian Therapy . Peserta dibatasi hanya Lima orang dalam tiap event. Untuk Lengkap nya silahkan simak pengumuman dan acara -event di group Facebook " Akupunktur Riset dan Study Group- Indonesia "

Monday, September 20, 2010

Sawada - Taikyoku Ryoho

Salam Sehat,
Hai teman2, dalam tulisan kali ini akan saya ulas sedikit mengenai Tai Chi Therapy ( Taikyoku Ryoho) yang di perkenal kan oleh master Akupunturis Sawada Ken dari Jepang.

Sawada adalah seorang Master legendaris yang berfokus pada penggunaan moxa dalam setiap sessi therapy nya. Bisa dikatakan bahwa dia hampir tidak pernah menggunakan Jarum. Style moxa therapy yg dilakukan oleh Sawada telah memberikan warna dan karakter dalam perkembangan Akupunktur Meredian therapy di Jepang. Dengan kata lain hampir semua style moxa yang di lakukan oleh para praktisi Akupunktur di Jepang adalah bersumber dari Sawada school.

Sawada memperkenalkan teknik moxa nya dengan sebutan Taikyoku Ryoho ( Tai Chi Therapy), maksud nya adalah bahwa therapy yg di berikan oleh seorang praktisi harus wholistic /lengkap dan menyeluruh, sehingga dgn demikian akan mensupport vitalitas dan pada akhir nya akan mempercepat proses kesembuhan

Secara tradisional titik2 yg digunakan dalam Sawada style ini cukup banyak , dan biasa nya akan memakan cukup banyak waktu. Hal ini menjadi kendala utama dalam perkembangan jaman saat ini, dimana biasanya situasi klinik yg cukup sibuk, maka praktek separti jaman dulu sudah sangat di kurangi dan hal2 yg lebih effektif dan effisien menjadi pilihan praktisi saat ini.
Namun ada catatan penting yang mau saya share disini tentang moxa. Ada banyak praktisi yg menganggap bahwa pemakaian moxa adalah suatu hal yg sia2 dan banyak yg menggantikannya dgn lampu TDP. Secara tegas saya katakan bahwa ada sesuatu yg istimewa dalam teknik moxa yg harus tetap di pertahankan. Selama bertahun2 saya amati bahwa moxa sangat effektif membantu proses kesembuhan di bandingkan jika seorang pasien hanya menerima therapy akupunktur saja.

Jadi saran saya untuk teman2 yg selama ini belum memaksimalkan pemakaian moxa dalam therapy nya, mulai saat ini bisa mempertimbangkan untuk mulai memperhatikan teknik moxa ini.

Beberapa titik yg dipakai dalam Sawada Tai Chi therapy adalah Ki6, St36, Sj4, Cv12, Cv6, Bl20, Bl23
Saran Saya Dalam setiap sessi therapy bisa dipilih 2 atau 3 titik yg di moxa, kalau punya waktu lebih akan lebih baik jika semua titik itu di moxa. Dan teman2 bisa mulai memperhatikan bagaimana perkembangan kesehatan pasien2 yg selama ini kasus nya sulit utk diatasi, biasanya sesudah mulai memberikan moxa, dalam 4-5 kali visit akan nampak perkembangan yg positif .

Demikian sedikit ulasan tentang teknik moxa Sawada. Penjelasan lebih mendalam akan saya bahas dalam seminar level 2 dari seri seminar yang saya berikan.......Arigato

0 comments: