Bergabunglah Segera di " Weekend I Ching Acupuncture Clinic ". Observe and Experience .

Saya Mengundang teman2 yang ingin melihat langsung dan mengalami bagaimana style akupunktur " I Ching - Ba Gua ", untuk bergabung dalam klinik baksos yg saya buka sebulan sekali di hari minggu. Ini adalah kesempatan untuk mengenal dan mempelajari lebih jauh tentang Acupunture Meridian Therapy . Peserta dibatasi hanya Lima orang dalam tiap event. Untuk Lengkap nya silahkan simak pengumuman dan acara -event di group Facebook " Akupunktur Riset dan Study Group- Indonesia "

Sunday, September 26, 2010

Gao Huang Shu- BL 43

Salam sehat,
Melanjutkan artikel saya yg terdahulu tentang Sawada Tai Chi Tharapy, maka salah satu titik yg cukup penting untuk menjadi bahan pertimbangan dalam aplikasi di klinik adalah titik Gao Huang Shu (BL43)
Mungkin banyak dari teman2 yg selama ini tidak terlalu memperhatikan atau tidak banyak menggunakan titik ini dalam keseharian di klinik.

Titik Gao Huang Shu ini secara komprehensive dibahas secara mendalam di salah satu klasik " Moxibution Method at Gaohuangshu " yang ditulis oleh Zhuang Zhuo pd tahun 1128.
Zhuang terinspirasi untuk menulis buku tentang titik Bl43 ini setelah sembuh dari berbagai macam penyakit yg diderita nya, termasuk beri-beri dan malaria setelah mendapatkan perawatan khusus dengan moxa di ttik Bl43 ( dengan memakai 300 buah moxa cone )

Dalam buku " Classic of Acupuncture Points of the Bronze Man" dikatakan bahwa titik ini sebaiknya di moxa dan tidak di anjurkan utk di tusuk dan sesudah moxa titik Bl43 ini, maka diteruskan dgn moxa pada titik CV6 dan CV4 untuk mengarahkan Qi ke lower Jiao.
Secara energy, menurut banyak tulisan dalam buku2 klasik, titik Bl43 memberikan strong tonik di Lung, Heart, Kidney, Spleen , Stomach.
Jadi bisa teman2 bayangkan cakupan nya yang luas akan memberikan banyak kegunaan dalam aplikasi klinis

Namun dalam teknik Sawada, yang biasa saya lakukan, build up energy dari lower jiao dibentuk terlebih dahulu bersamaan dengan therapy akupunktur yang di berikan , dan setelah jarum dicabut, pasien diposisikan telungkup untuk mendapatkan therapy lanjutan baik dgn moxa maupun dgn akupunktur jika dibutuhkan. dan biasanya dalam posisi ini titik Bl43 akan saya gunakan untuk mengkonsolidasikan effek therapy secara wholistic

Ada suatu kasus yang terus melekat di memory saya ketikan saya masih kuliah dan magang di Klinik guru saya, ada seorang ibu dari Iran yg telah lama menetap di Australia, seorang wanita 40 thn ,pengusaha yg cukup mapan dan banyak melakukan travel ke Eropah. Keluhan utama si Ibu adalah batuk yg tidak pernah berhenti selama hampir 10 tahun. Semua pemeriksaan medis telah dilakukan, saya mau katakan semua test yang ada di Rumah sakit baik di Australia sampai di Eropah telah dia jalankan ( secara pribadi saya percaya akan perkataan ibu ini , karena memang dia seorang yang cukup berlimpah secara keuangan ), namu semua test itu tidak pernah bisa menjelaskan penyakit apa yang menyebabkan dia terus batuk.

Ketika itu saya ingat secara rutin si Ibu datang ke klinik 2 kali seminggu , dan titik yg banyak di pakai oleh guru saya adalah titik Bl43 , baik dengan jarum , maupun dengan Moxa. Secara personal saya sangat ingat karena yang melakukan moxa adalah saya, karena teknik moxa yg kami lakukan memang agak berbeda dari apa yang mungkin teman2 lakukan selama ini ( teknik ini akan saya share dalam level 2 dari seri training saya) dan secara kebetulan guru saya sangat menyukai bagaimana saya melakukannya kepada pasien2 Dia, dalam satu kesempatan dia katakan pada saya " Teddy , I can see that You are doing it with your heart ". wkwkwk...... agak ge-er juga saya waktu itu.
Namun dalam kasus ibu ini, diluar dari kebiasaan yg saya lakukan dalam memberikan moxa, Guru saya mengatakan harus meningkatkan jumlah moxa yg dipakai hingga 5 kali lipat. Terus terang hal ini sangat membosankan bagi saya pada waktu itu.
Setelah lebih kurang pada kunjungan yang ke 8 , saya melihat sesuatu hal yang menarik terjadi. Si Ibu berkata bahwa dalam 2 hari terakhir dia hanya batuk pada waktu2 tertentu saja dan intensitas batuk nya telah berkurang hampir 60%. Pada kunjungan ke 15 Dia hanya batuk di pagi hari saja, dan pada kunjungan ke 25 batuk nya berhenti total.
saya ingat pada kunjungan nya yang terakhir di klinik dia memberikan saya satu set sepatu, kaos kaki dan training set merk Filla . Karena memang Dia adalah pemilik dari sole agent "Filla Sports Wear" di Australia

Demikian lah sedikit share dari pengalaman saya tentang titik BL43- Gaohuangshu, pada awal2 karir saya di Akupunktur, semoga hal ini bisa menginspirasi teman2 .....

Saya teringat suatu hal ketika kami agak santai di klinik , guru saya berkata bahwa titik Akupunktur itu seperti seorang sahabat. Kita bergaul dan kita mengenal titik-titik itu, memahami karakter dan effek energy nya dan memakai nya pada saat yang tepat. Sama seperti kita mengenal sahabat kita dan mengingat hari ualng tahun , dan nomor telpon nya. sehingga pada saat tertentu dan hari yg tepat kita akan menelpon nya dan memberi ucapan selamat......

0 comments: