Bergabunglah Segera di " Weekend I Ching Acupuncture Clinic ". Observe and Experience .

Saya Mengundang teman2 yang ingin melihat langsung dan mengalami bagaimana style akupunktur " I Ching - Ba Gua ", untuk bergabung dalam klinik baksos yg saya buka sebulan sekali di hari minggu. Ini adalah kesempatan untuk mengenal dan mempelajari lebih jauh tentang Acupunture Meridian Therapy . Peserta dibatasi hanya Lima orang dalam tiap event. Untuk Lengkap nya silahkan simak pengumuman dan acara -event di group Facebook " Akupunktur Riset dan Study Group- Indonesia "

Monday, December 7, 2009

Fundamantal of Channel System- Meridian System

Salam Sehat,
Dah cukup lama juga saya gak nulis di blog ini, maklum yah lagi asyik lihat gonjang ganjing politik di negri tercinta kita.......he..he......, sorry yah untuk teman2 yg mungkin menantikan tulisan saya.

Pada saat lagi bingung mau sajikan bahan pembahasan, Ada beberapa usulan yg saya terima untuk di tulis di blog ini, tapi menurut saya thema nya terlalu menjurus pada spesifik penyakit yg didiagnosa secara western med, jadi kalo dilihat dari sisi TCM akan luas sekali possibility akar penyakitnya, maka dari itu saya mohon maaf tidak melakukan pembahasan nya.
Akan tetapi saya lebih cenderung untuk membahas basic theory dan phylosophy dalam hal TCM, sehingga teman2 bisa langsung mengerti apa yg dilakukan ketika mengaplikasikan dalam klinik.

Kali ini saya akan membahas tentang Fundamental of Meredian System / Channel System Saya berharap melalui pembahasan ini bisa membuka wawasan teman2 tentang "Akupunktur Meridian Therapy " Style.

Dalam suatu Chat dengan salah seorang rekan di Group FB, sempat di tanyakan " Apa sih meredian sistem dalam akupunktur itu ?" , Apakah rangkaian titik2 dari simpul saraf?, Apakah rangkaian dari titik2 yg mempunyai perbedaan karakter Listriknya dibandingkan dgn titik2 sekitarnya? Apakah itu ada dan bisa dibuktikan?

Dari pertanyaan2 diatas saya akan jawab dari pertanyaan yg terakhir dulu. Bisa saya katakan disini bahwa sistem meridian itu ada dan bisa dibuktikan.....,
Maaf pembuktiannya akan saya lakukan dalam suatu sessi seminar.

Namun pada dasarnya seluruh ilmu Akupunktur dan TCM herbal di landasi oleh sistem sirkulasi Meridian.
Pada kenyataannya, tanpa menguasai sistem meredian dengan mendalam, Ilmu TCM dan Akupunktur seorang practitioner tidak akan mencapai hasil yg excellent.

Pernah satu saat seorang pasien datang kpd saya dgn wajah seperti mengerang krn keluhan Migraine di kepala sebelah kirinya....., dan dia katakn sudah lebih dari 3 bln diterapi akupunktur tanpa ada perbaikan. Namun karena di rekomendasikan oleh sahabatnya untuk ditangani oleh saya , si Pasien ini mau juga untuk mencobanya. Dan dia katakan kalau tidak sembuh dalam 6 kali visit , dia tidak akan mau lagi di Akupunktur.
Saat itu, setelah memeriksa dengan seksama, saya gunakan tiga jarum pada 3 titik yg berbeda. masing2 satu di tangan kiri dan kanan, dan satu jarum di kaki..... Setelah saya selesai menancapkan jarum, si pasien terheran2 kok sudah tusuknya ? Apa hanya tiga jarum ? Saya katakan sudah cukup... 3jarum saja, lalu saya katakan untuk mulai menarik napas panjang sebanyak 3-5kali... dan rasakan tekanan di kepalanya......
Sesudah di lakukan oleh dia, tiba2 dia katakan bahwa sudah mulai berkurang 50%, diakhir sessi therapy selama 45 mnt dia katakan sudah total hilang. Dengan setengah tidak percaya dia katakn " Kok bisa yah cuma 3 jarum, dan tusuknya di tangan bisa langsung sembuh" .

Rupanya selama ini dia banyak ditusuk disekitar kepalanya dan jarumnya banyak sekali.......Titik yg saya gunakan adalah H8 ( kanan), Th2 ( Kiri)... tusuk sedalam 1-1,5 cun kearah ulna, dan GB32 ( kanan) 2 cun. untuk teman2 yg mau mencoba titik ini harap perhatikan protokol teknik tusuknya, dan lokasi kiri-kanan nya.

Dari kejadian diatas bisa dikatakan bahwa tanpa penguasaan teori meredian sistem dengan mendalam, seorang akupunkturis akan cenderung bertindak tanpa arah, dan bahkan melakukan penusukan lokal dgn sembrono. Saya teringat guru saya mengatakan " Don't use the praying method , You stick the needle and you pray, Hoping that it will solve the problem "

Pokok bahasan kita kali ini akan mencakup 2 hal:
- Apakah Meridian / Channel sistem itu?
- Apa konsep dasar dari Meridian/ Channel Theory ?

Apakah Meridian System / Channel system itu ?

Bagi kebanyakan orang yang mempelajari hal2 yang spektakuler ( bahkan terkadang hal2 yg berbau Mystical seperti banyak yg ditayangkan di TV akhir2 ini ttg pengobatan) dari Chinese Medicine, akan ada missing link dalam pemahaman Fundamental Theory dari Channel system.

Sebaliknya bagi mereka dari golongan Modern Practitioner menganggap bahwa Channel system adalah suatu upaya para " Ancient Healer " untuk menjelaskan aliran Saraf, pembuluh darah, dan aliran lymphatic.

Namun setelah melalui pemahaman dan pembelajaran yg mendalam, bisa saya katakan bahwa arsitek dari Channel System sebenarnya menyajikan suatu konsep yang lebih luas yang didasarkan pada observasi struktur anatomi yg mendalam.
Meskipun tidak bisa dipungkiri banyak dari Modern Practitioner menganggap bahwa teori dasar dari TCM, khususnya Channel teori terlalu berbau mistik, sehingga muncul lah istilah "evidence base akupunktur" dan "Modern Advance Acupuncture" .
Dan dengan serta merta menutup diri untuk lebih memahami dgn mendalam apa yg disajikan oleh para "Ancient Healer "dalam karya2 mereka. Secara jujur sikap seperti itu adalah suatu upaya pengkerdilan potensi yg terkandung dalam TCM.
Kebanyakan kita mencoba memahami alur dari "Thesis " para pendahulu kita dengan sikap yg kaku dan "Kaca Mata" yg kita anggap modern , tanpa bisa melihat "Wisdom " yang di sajikan oleh para Ancient Master yang telah meletakkan dasar2 pengobatan yang sangat mencengangkan ini.
Saya mau mengajak teman2 untuk mencoba menerima kenyataan ini , bahwa katakan saja salah satu Klasik " Huang Di Nei Cing Su Wen " yang di tulis pada kira2 Tahun 2600 SM.
Bagai mana mungkin kita bisa memahami tulisan2nya dengan menempatkannya pada kerangka pikir di abad 21 ini. Karena pasti bahasa2 dan istilah2 yg dipakai akan disesuaikan pada jaman itu. Gaya bahasa Metafora yg digunakan akan disajikan pada keseharian dan kesederhanaan pada jaman itu, namun tidak berarti bahwa "Sang Master" kehilangan esensi yg menjadi Jiwa dari Thesis yg di tuliskannya.
Memang harus juga diakui, bahwa buku2 klasik yg menyajikan dasar dari TCM juga bukanlah Bible atau Qur'an yg ditulis tanpa kesalahan.
Namun Dengan sikap legowo dan Moderat, saya mengajak teman2 semua untuk menggali keakar klasik TCM untuk mendapatkan benefit yg seluasnya dengan tetap bersikap kritis.

Oleh karena itu, bisa saya sederhanakan disini bahwa Channel system adalah suatu Bahasa Metaphora dari para " Ancient Master" untuk menjelaskan Physiology tubuh manusia, Evolusi dari penyakit dan Mekanisme penyembuhannya.

Selanjutnya ada 2 konsep dasar yang akan saya sajikan sebagai fundamental dari Channel system yg akan membantu mengklarifikasi kita semua bagaimana para Ancient Master memahami hal ini dan memperaktekannya selama hampir 5000 tahun.......( inilah kenyataan yg harus kita terima bahwa ilmu ini telah menembus masa yg panjang untuk membuktikan existensinya).
1) Channel adalah suatu Interwoven Network.
Channel System saling menghubungkan semua organ ( Zang/ Fu) satu sama lain, kepermukaan tubuh dan juga dengan linkungan sekitar . Channel network merajut dan mempersatukan semua system dalam tubuh,( sistem pencernaan, saraf, lymphatic, reproduksi, aliran darah, pernapasan, dll....)..dalam suatu kesatuan yg koherent dan responsive.
Dalam sistem network inilah keseluruhan aktivitas tubuh juga beradaptasi terhadap perubahan di lingkungan sekitarnya.
Jadi bisa dikatakan Channel system bukan lah istilah "Purba" yang hanya menjelaskan sistem saraf, pembuluh darah, atau Lymphatic, namun mencakup semua system fisiology tubuh yg saling berinteraksi secara internal dan juga berespon terhadap lingkungan sekitarnya.
Dalam kerangka Channel system, tubuh manusia tidak bisa dipisahkan dgn lingkungannya. Dan hal yg sangat penting untuk di perhatikan adalah bahwa dalam TCM, Suatu Channel network adalah suatu bagian yg terintegrasi dalam fisiology organ tertentu, dengan kata lain rangkaian channel ini adalah seperti organ yg hidup, sama seperti kita memandang Paru-paru atau Jantung atau Liver.

2)
Channel system adalah Pathway/ Jalur

Didalam channel terjadi suatu pergerakan vital energy( Qi) dan juga nutrisi.

Bisa dikatakan bahwa dalam suatu channel system dapat kita jumpai al: otot, pembuluh darah, saraf, dan lymphatic, dll…. Dalam hal ini suatu system Channel menghimpun atau mengintegrasikan seluruh struktur anatomy yang berhubungan dengan suatu organ Zang/ Fu yang bersangkutan.

Namun demikian, ada juga hal penting yg terjadi dalam suatu channel system, yaitu suatu aktivitas metabolic /pergerakan zat/ substance secara sellular ( seperti Interstitial fluid ) disekitar atau didalam struktur anatomy yg bersangkutan.

Misalnya saja kita ambil contoh Channel system dari meridian Lung, dalam hal ini mencakup keseluruhan struktur anatomy ( otot,tendon, pembuluh darah, saraf, lymphatic, dll…) di sepanjang lengan. Sehingga sebagai konsekwensinya kesehatan sirkulasi dan kesempurnaan struktur anatomy di sepanjang jalur distribusinya ( termasuk organ yg bersangkutan ) menjadi tanggung jawab meridian Lung .


Nah, perlu juga teman2 ketahui, bahwa channel system bukan saja menjadi jalur distribusi Qi dan Nutrisi (dlm proses metabolic tubuh) dari keseluruhan struktur anatomy yg dilaluinya , namun juga bisa menjadi tempat manifestasi dari suatu penyakit.
Karena lokasinya yg relative lebih external dibandingkan dengan organ Zang/ Fu yg ada didalm rongga tubuh, maka ketika ada serangan dari factor pathogen ( external) hal ini kebanyakan akan mulai bergerak di dalam channel system, sebelum pada akhirnya akan mencapai organ yang di dalam. ( dalam hal ini prosesnya bisa berjalan dgn cepat atau juga lambat)

Hal sebaliknya juga bisa terjadi ketika timbul penyakit yg bermula dari factor internal ( spt misalnya problem emosional , kerusakan fungsi organ), maka keadaan pathology ini akan di manifestasikan pada Channel System yang bersangkutan.

Jadi bisa saya ibaratkan bahwa suatu channel system bagaikan kepanjangan tangan( “Belalai”) dari suatu organ yg terletak didalam rongga tubuh, yang bisa memberikan informasi keadaan atas apa yg sedang terjadi terhadap organ yg bersangkutan ( baik dalam keadaan sehat maupun sakit).Dan juga bagaikan suatu komunikasi dua arah yg terjadi antara lingkungan di luar tubuh, dan organ yg ada di dalam tubuh .


Jika kita mulai memahami hal ini maka kita akan lebih meng hargai dan memberi perhatian lebih terhadap kondisi dari suatu Channel system.


Untuk memperoleh gambaran yg lebih jelas, ada suatu contoh kasus yg akan saya smapaikan.

Hal ini adalah kelanjutan dari Chatting dgn salah satu member di Group FB kita . Walaupun sebenarnya detail dari penjelasan ini harusnya di sampaikan dalam forum seminar, namun sebagai wujud dari komitmen saya untuk terus mengembangkan style ini di bumi Indonesia, maka saya akan membuka logika fundamentalnya, supaya teman2 bisa memperoleh ulasan yg lebih mendalam dari tulisan ini.


Seorang member mengeluh krn ada paseinnya yg post stroke masih sulit bicara dan air liurnya terus keluar, walaupun sudah di terapi selama 3 bln. Hal ini cukup membuatnya frustasi , karena menurut dia semua titik di sekitar leher sudah di terapi. Dari Chat ini saya usulkan untuk pakai titik K6 dan H5 ( bilateral), sesudah selang bbrp saat, kami sempat Chat lagi dan saya tanyakan keadaannya. Dengan gaya Arek Suroboyo di katakan “ CIAMIK”. Karena kondisinya dah jauh lebih baik.
Penjelasan dari logika nya adalah sbb.:
K6 adalah master point untuk meridian istimewa Yin Qiao Mai.

Salah satu fungsi dari Qiao Mai ( Yin/ Yang) adalah untuk membantu koordinasi otot. Dalam hal ini Yin Qiao berfungsi untuk membantu koordinasi fungsi gerakan involuntary dari smooth muscle tissue ( dalam hal ini Lidah yg didalam TCM sebagai opening of the heart),….harap teman2 ingat juga spt “Telinga adalah opening of Kidney” , “ Hidung adalah opening of Lung”, dst…….
Dan perlu diperhatikan juga jalur perjalanan Yin Qiao Mai adalah kearah tenggorokan dan lidah , sebelum ujungnya berakhir di mata .
Selanjutnya H5 adalah titik luo dari organ Heart. Kalau teman2 paham bahwa meridian Lou dari Heart adalah melingkari Lidah dan Otak. Jadi akan membantu sirkulasi Qi dan Xue di seputar lidah dan juga otak.
Dari pemilihan titik ini saya harap teman2 bisa melihat suatu pemilihan titik yg terfokus yg didasarkan pada pemahaman Sistem Channel.
Ada juga hal penting yg mendasari pemilihan titik ini.
Kalau teman2 menyimak tulisan saya bbrp wkt yg lalu tentang gerakan dan getaran dinamika Qi pada system Pivot di meridian Shao Yin, maka titik H5 akan mempengaruhi sirkulasi collateral / Luo ( Micro-Circulation ) di seluruh tubuh secara umum, namun Khususnya pada meridian Shao Yin.Inilah dasar logika pemilihan titik2 tsb.
Untuk teman2 yg menghadapi kasus spt diatas silahkan di coba dan harap hasil nya di share juga di Forum diskusi group FB.


Demikian lah pembahasan kali ini tentang Channel system. Dan menurut saya pembahasan ini jauh lebih mendasar dan penting, dari pada kita hanya focus untuk satu jenis penyakit saja, karena kalau kita lebih memahami hal ini, maka kita akan lebih konfiden untuk menghandel penyakit2 yg kita hadapi dalam keseharian di klinik.

0 comments: