Bergabunglah Segera di " Weekend I Ching Acupuncture Clinic ". Observe and Experience .

Saya Mengundang teman2 yang ingin melihat langsung dan mengalami bagaimana style akupunktur " I Ching - Ba Gua ", untuk bergabung dalam klinik baksos yg saya buka sebulan sekali di hari minggu. Ini adalah kesempatan untuk mengenal dan mempelajari lebih jauh tentang Acupunture Meridian Therapy . Peserta dibatasi hanya Lima orang dalam tiap event. Untuk Lengkap nya silahkan simak pengumuman dan acara -event di group Facebook " Akupunktur Riset dan Study Group- Indonesia "

Friday, October 2, 2009

Meredian Therapy in Action

Salam Sehat,
Entah mengapa dalam satu minggu belakangan ini secara tidak sengaja saya dihadapkan dengan beberapa teman2 di Group member yang sedang menangani pasien dengan keluhan sesak napas.... walaupun dari beberapa penyebab yg berbeda.
Dari titik2 yang saya rekomendasikan , semua teman2 ini memberi feed back yang positif dari hasil therapy nya. Bahkan ada beberapa yg bisa dikatakan mempunyai reaksi yg instant.( hal ini dilaporkan oleh seorang member yg melakukannya di ruang ICU, he..he... mungkin harus bikin kelas khusus untuk Emergency Acupuncture nih..... )

Dari pada saya memikirkan topik apa yg baik untuk ditampilkan dlm blog ini, ada baiknya langsung saja topik ini saya tuangkan disini, supaya teman2 yg lain juga bisa menikmati " The Beauty of I Ching - Ba Gua Acupuncture Style "

Paling tidak ada 4 orang yang saya rekomendasikan dalam Chat minggu lalu . Dan masing2 saya rekomendasikan 3 sampai 4 titik yang berbeda pada masing2 kasus untuk di tusuk dengan teknik dan kedalaman tertentu.

Dari beberapa kombinasi titik2 yang berbeda itu, ada satu titik yang begitu penting untuk dipakai dalam keluhan sesak napas. Titik ini adalah Sp9 ( Yin Ling Quan).

Namun yg membingungkan saya dari beberapa teman yg mengalami langsung kedahsyatan Therapy ini , hanya ada satu orang yg menanyakan rasional pemilihan dan teknik/ metoda penusukannya. Oleh karena itu saya menghimbau teman2 untuk lebih menggali ilmu ini secara fundamental dari pada hanya berdasarkan formula2.....

Mari kita melihat secara lebih Fundamental bagaiman Sp9 bisa dengan ampuh dan cepat mengatasi keluhan sesak napas.
Secara fungsi organ, proses pernapasan adalah fungsi dari Paru-paru. Namun secara TCM, Khusus nya Akupunktur Meredian Therapy, paling tidak ada beberapa Meredian yg terlibat dan bertanggung jawab dalam proses ini.
Saya membedakan kondisi sesak napas ini dalam tiga kategori, yaitu Sulit untuk menarik udara untuk masuk dan sulit untuk mengeluarkan udara dari Paru-paru. Dan yg terakhir sulit melakukan proses pernapasan, karena ada akumulasi dahak di Paru-paru.

Namun apapun kondisinya, pemilihan titik Sp9 adalah suatu pemilihan yg tepat untuk dipakai dalam kombinasi pemilihan titik Therapy. Bagi teman2 yg terbiasa dengan Zang Fu Style Acupunture , mungkin akan agak sedikit bingung dengan pemilihan titik ini. karena biasanya titik Bl13, atau Cv17 ( titik2 lokal ) akan menjadi dasar pemilihan titik utama. Saat ini saya akan memperkenalkan keampuhan titik distal dalam Meredian Therapy Style Acupuncture ,
dalam hal ini I Ching - Ba Gua Zhen , yang mampu mengatasi keluhan ini dengan efektif , dan boleh dikatakan hampir instant.

Mari kita lihat apa yg terjadi secara dinamika Energy Karakter dari Sp9.
Sp9 adalah titik he ( air ) dari meredian Tay Yin kaki Limpa.
Sehingga dinamika energy nya dalah sbb.:

- Salah satu Fungsi dari titik He adalah untuk meredam Rebelious Qi. Sesak Napas adalah suatu manifestasi dari Rebelious Qi di Lung. Aliran dari Lu qi adalah turun kebawah untuk terus masuk ke Dan Tian, dalam hal ini ketika terjadi sesak napas, Qi dari Lu tidak turun, namun terjadi reversal Flow. oleh karena itu titik ini sangat tepat untuk di pakai. Dalam semua organ Zang Fu ada terjadi kondisi Rebelious Qi ( reversal Flow), namun tidak akan saya bahas dlm tulisan ini.

- Sp9 adalah titik air. Dengan menusuk titik ini kita juga sedang menstimulasi meredian Kid yang bertanggung jawab untuk proses menarik Qi turun ke Dan Tian ( Kesulitan Untuk menarik napas). Oleh karena itu, pemilihan titik ini akan menjawab salah satu penyebab kondisi sesak napas.

- Sebagai titik air, maka akan berakibat untuk menghambat aktivitas Unsur Api, yg dalam hal ini dimanifestasikan oleh sulitnya mengeluarkan udara dari Paru-paru. Kondisi ini terjadi karena ada over activity dari unsur api ( Pericardium ), sehingga terjadi akumulasi dan Stagnasi Qi di jiao atas. Air akan meredam Api.

-Dalam Ling Shu dikatakan bahwa aliran meredian Chong Mai mengcover 3 meredian di Yin kaki , tentu saja dalam hal ini ada suatu relasi yg kuat antara meredian Chong Mai dan Ren Mai yang juga berpengaruh pada kondisi ini ( Lihat tulisan terdahulu)

-Pemilihan titik pada meredian Tay Yin kaki , adalah karena Problem terjadi di Tay Yin Tangan. ini adalah meredian yg berpasangan, suatu prinsip dasar dalam Therapy I Ching - Ba Gua untuk memilih titik distal. Dan tentu saja hal ini juga berguna untuk mengatasi kondisi akumulasi dahak.

- Teknik penusukan yg saya sarankan untuk titik ini adalah dgn Jarum 2 cun- 2,5 cun, ditusuk persis di sisi tulang, dgn bagian badan jarum yg masuk ketika di tusuk dan melakukan manipulasi menggesek tulang dgn lembut. Selama hal ini dilakukan dgn hati2, dan teknik yg prima, maka kondisi sesak napas apapun penyebab nya akan membawa hasil yg spektakuler. Hal ini karena ketika badan jarum menyentuh tulang, kita sedang memberi rangsangan kepada Kid. karena dalam Ling Shu Chapter 7 dikatakan bahwa penusukan jarum dengan menstimulasi tulang akan berpengaruh pada Kid.


Saya sendiri pernah mengalami suatu keadaan, ketika sedang bertamu kerumah teman, tiba2 istrinya mengalami sesak napas, dari pemeriksaan observasi dan nadi saya temukan karena adanya keterlibatan fungsi Jantung ( ada sejarah pengentalan darah ), beruntung didompet saya ada jarum yg tinggal satu2nya, dan kebetulan jarum ukuran 2 cun. saya melihat napas yg tersengal dan wajah yg mulai berubah warna. Dan saat itu juga saya gunakan jarum pada titik Sp9, dgn teknik spt diatas. Dalam hitungan tidak sampai 10 menit sang Istri langsung tertidur di sofa. Saat itu juga saya tau bahwa kondisi ini sudah teratasi dan hari itu hanya titik ini yg saya pakai utk pasien tsb. Perlu teman2 perhatikan. Ini kondisi yg serius. Jangan lakukan ini kalau Teman2 tidak yakin dgn apa yg sedang terjadi dan tidak menguasai apa yg teman2 lakukan. Dalam kasus ini saya menyarankan teman saya untuk melakukan kunjungan ke Rumah Sakit secepatnya untuk melakukan pemeriksaan yg lebih lengkap.


Demikian lah sharing saya untuk artikel kali ini. Saya harap ada suatu pencerahan yg didapat dari secuplik Keajaiban yg bisa teman2 alami Juga dalam keseharian di klinik dgn menerapkan metode Akupunktur I Ching - Ba Gua


The Marvel lies in the two Qi, divided into YIN and YANG. It transforms the myriad and returns to the One

Jabat erat, Teddy Kusnadi

0 comments: