Bergabunglah Segera di " Weekend I Ching Acupuncture Clinic ". Observe and Experience .

Saya Mengundang teman2 yang ingin melihat langsung dan mengalami bagaimana style akupunktur " I Ching - Ba Gua ", untuk bergabung dalam klinik baksos yg saya buka sebulan sekali di hari minggu. Ini adalah kesempatan untuk mengenal dan mempelajari lebih jauh tentang Acupunture Meridian Therapy . Peserta dibatasi hanya Lima orang dalam tiap event. Untuk Lengkap nya silahkan simak pengumuman dan acara -event di group Facebook " Akupunktur Riset dan Study Group- Indonesia "

Friday, September 11, 2009

Indikasi Titik Shu ( Stream)

Salam Sehat, 
Salah Satu titik dalam toeri 5 unsur yg banyak saya pakai dalam klinik adalah titik Shu. Mengingat manfaat dan hasilnya yg begitu fantastik untuk pasien2 saya, maka saya pikir ada baiknya juga untuk di sharing kpd teman2.
 Dalam kitab klasik tradisional TCM - Akupunktur( Jia Yi Jing, Ling Shu, Nie Jing), titik Shu berfungsi untuk menyembuhkan Pegal-pegal dan Nyeri sendi ( heavy body sensation and Joints Pain). Saya  yakin bahwa hal ini sudah banyak di jelaskan  atau dibicarakan dalam kelas pendidikan dasar akupunktur, namun mungkin ada hal-hal yg luput dalam penjelasannya. 

Mari kita lihat karakter dari Titik Shu:  Pada titik ini Qi dari Meredian yg bersangkutan akan  Tertumpah dan Mengalir. Alirannya mulai lebih besar dibandingkan Titik Cheng dan Yong, dan juga lebih dalam di Meredian.
Pada titik Shu, aliran Qi cukup cepat dan besar, sehingga bisa membawa Sunbstansi Qi, (Energy dari luar) atau bahkan Pathogen. Oleh sebab itu titik ini di sebut juga Titik Transport. Konsekwensi nya , pada Titik Shu ini,  Energy pathogen yg terbawa dari luar akan masuk lebih dalam ke sistem Meredian.  Namun perlu diingat bahwa pada Titik Shu ada suatu akumulasi Defensive Qi ( Wei Qi) yg juga siap melindungi sistem tubuh .

Sekarang mari kita lihat alasan apa yg mendasari bahwa  indikasi Titik Shu adalah Untuk  Menyembuhkan Pegal-Pegal dan Nyeri Sendi.
1) Kalau kita lihat pada Meredian Yin, Titik Shu adalah Titik Tanah (Earth Point), Tanah di  dominasi oleh Limpa (Spleen), menurut teori konkordansinya Limpa menguasai Otot Tubuh dan   energy Pathogen yg menyerang adalah Lembab
2) Kalau kita lihat pada Meredian Yang, Titik Shu adalah Titik Kayu ( Wood Point), Kayu di dominasi oleh Liver, dan menurut teori konkordansinya Liver menguasai Tendon. Energy pathogen yg menyerang adalah Angin

Jadi kalau teman2 perhatikan bahwa Pegal-Pegal dan rasa Nyeri di sendi ataupun otot tubuh adalah disebabkan oleh Pathogen  Lembab dan Angin ( Tanah dan Kayu) yang ada dalam dominasi  Limpa dan Liver.
 
Oleh sebab itu untuk menjelaskan Mengapa Titik Shu akan sangat bermanfaat dalam Therapy Pegal-Pegal dan Nyeri Sendi ( Bi Syndrome). adalah sbb:
- Ada aliran Qi yg kuat dan besar ,yg mendorong masuk kedalam sistem meredian.
- Pada Titik Shu ini, ada akumulasi Defensif Qi ( Wei Qi) yg siap menjaga invasi energy Pathogen    yang akan masuk kedalam sistem Meredian
- Energy Pathogen Lembab dan Angin akan di atasi Oleh Titik Tanah dan Kayu (Pada Meredian    Yin atau Yang tempat dimana titik Shu itu berada.


Demikian lah penjelasan saya akan keunikan dan Khasiat Titik Shu dalam mengatasi problem nyeri Otot. Saya berharap Teman2 bisa mendapat pencerahan dari penjelasan sederhan yg saya berikan. Dan saya Yakin kalau hal2 sederhana namun penting ini bisa dikuasai, maka efektifitas therapy akupunktur teman2 bisa cukup tinggi sukses rate nya....

Bye for now..... and  GBU....


It is nice to be important, but It is more important to be nice...... 

0 comments: