Bergabunglah Segera di " Weekend I Ching Acupuncture Clinic ". Observe and Experience .

Saya Mengundang teman2 yang ingin melihat langsung dan mengalami bagaimana style akupunktur " I Ching - Ba Gua ", untuk bergabung dalam klinik baksos yg saya buka sebulan sekali di hari minggu. Ini adalah kesempatan untuk mengenal dan mempelajari lebih jauh tentang Acupunture Meridian Therapy . Peserta dibatasi hanya Lima orang dalam tiap event. Untuk Lengkap nya silahkan simak pengumuman dan acara -event di group Facebook " Akupunktur Riset dan Study Group- Indonesia "

Monday, August 17, 2009

Therapy wasir - Hemorrhoid

Salam sehat,
Dalam suatu Chatting dgn salah satu anggota Group, saat itu terjadi suatu dialog tetang penanganan keluhan wasir... Dan secara kebetulan salah satu klien lama saya datang ke klinik dengan membawa putranya yg berusia 29 thn dgn keluhan wasir .
Dari hal yg kebetulan terjadi itu, terpikir oleh saya untuk di jadikan bahan posting saja, karena kadang2 agak bingung juga mau nulis apa untuk dibagikan kpd teman2 sekalian. Untuk itu mari kita perhatikan apa yg sedang dialami oleh Sdr Arief ( nama samaran). Dia sudah mengalami Rectum Prolapse, disertai dengan bleeding selama hampir 4 thn. tahun lalu sudah datang ke Dokter Spesialis wasir yg ada di Jakarta Utara. dan mendapat Tindakan dgn di suntik bagian yg prolapse, dilakukan pengikatan, lalu selama sebulan keluhannya bisa teratasi. Namun lepas dr 1 bulan mulai lagi ada bleeding, namun Arief takut kembali kpd Dr Spesialis nya lagi, karena prosesnya yg sangat tidak nyaman bagi dia , dan merasa risih , karena kebanyakan yg berkunjung di klinik Dr Spesialis tersebut kebanyakan wanita....( Typical pasien yg banyak alasannya...he..he..) Karena keadaannya yg semakin lemah,... akhirnya dia mengikuti saran ibunya untuk datang ke klinik saya ( dgn diantar Ibunya). Walaupun sangat was-was  dgn kata " TUSUK JARUM ".....
Kondisinya saat itu dikatakan bahwa darah yg keluar seperti moncor..."kayak mens aja nih..."katanya , dan ada dua benjolan yg keluar dgn rasa nyeri jika tersentuh.

Untuk keluhan wasir , mari kita perhatikan dari segi diet nya dulu. Penderita sangat disarankan utk menjauhi makanan yg pedas dan kaya dengan bumbu dapur ( Hot and Spicy), karena di tinjau dari sudut pandang TCM makanan jenis ini ( hot n spicy = Pungent ) adalah karakter dari element Metal ( LU- CO), sehingga konsumsi makanan ini akan terus memperburuk keadaan penyakitnya.Hal berikutnya yg juga harus di perhatikan oleh penderita adalah kelelahan fisik karena posisi berdiri dan duduk yg terlalu lama, atau kurang istirahat. Hal ini karena keletihan fisik akan semakin melemahkan fungsi Lung ( master of Qi) dan juga Colon ( Yang Ming adalah pusat produksi Qi dan Darah)
Therapy Akupunktur : Untuk  Hemorrhage( bleeding) pd penderita wasir, titik yg paling efektif untuk di pakai adalah Bl40( Wei Zhong) , Bl 57 ( Cheng Shan) juga titik Sp9 ( Yin Ling Quan). ketiga titik ini teknik yg dipakai adalah dgn Blood letting ( bleeding  technic), metode untuk melakukan blood letting yg baik dan sukses akan saya bahas Pada saat Work Shop yg akan saya adakan disaat mendatang. Alasan pemilihan titik diatas juga sengaja tidak saya sampaikan dlm posting ini , supaya teman2 akupunkturis bisa mengutarakan alasannya di shout box. ( atau juga yg sudah mengerti tentang blood letting, bisa memberi pencerahan untuk yg lain .... di shout box...)
Titik yg lain untuk di lakukan akupunktur adalah  St 36, St 37. alasan pemilihan titik ini adalah karena ke 2 titik ini adalah titik he bawah yg mempunyai khasiat energetik untuk  dealing dgn organ yang bersangkutan.  Dan Juga Di dalam klasik di katakan  titik He  berfungsi untuk mengobati Rebelious Qi.
Bleeding adalah suatu bentuk rebelious Qi. Dalam keseluruhan 12 Meridian umum, banyak kita jumpai kondisi Rebelious Qi, misalnya pada  Meredian ST, rebelious Qi adalah Muntah2, Pada Mered Liv: kondisi Hypertensi, pada mered KD : Spermatorrhea, Mimpi basah, Leukorrhea.. dst.
Selanjutnya kembali kpd Sdr Arief, Untuk Prolapse Rectumnya Saya Pilih titik Bai Hui ( Du20).Saya persilahkan teman2 untuk memberi alasan kenapa sy pilih titk  Du20 ini......

Sebenarnya ada satu titik penting yg tidak sy pakai dlm kunjungannya yg  pertama ini.  yaitu titik  Yin Jiao ( Du 28). Harap teman2 perhatikan . para penderita Wasir yg kronis biasanya ada blister di titik ini, seperti bisul. Nah ada baik nya jika titik ini ada blister bisa di tusuk untuk di pecahkan.)  Dan kalau tidak ada bisa dilakukan penusukan pada titik Du 26 ( masukan kira2 dgn jarum 0,5 inch

)Jadi pada kunjungan Arief yg pertama saya gunakan titik Bl40( blod letting), titik St 36, St 37, dan titik Bai Hui. Hanya itu titik yg saya pakai, mengingat pasien cukup takut untuk di jarum. Dan perlu teman2 ketahui, saya sangat jarang memakai electro stimulator..... mungkin hanya 10%  saja sy pakai.
3 hari kemudian setelah kunjungan pertama Arief datang dgn membawa seorang temannya yg juga menderita hal yg sama dgn dia.... ( ha.. ha... rupanya bikin gank dia..).
Saya tanyakan kondisinya bagaimana... Arief berkata bahwa darah yang moncor jika sedang buang air sudah stop selama 2 hari, namun masih terlihat ada bercak darah di feces..., Benjolan ( Pile ) yang keluar ada 2, yg satu sudah mengecil.
Dan yg Nyata dari itu adalah ketika tersentuh tidak nyeri lagi.
Demikian Case ini saya Share utk teman2... Arief menjalani 15 kali visit. 2-3x/mgg. Visit yg ke 9 telah berhasil mengatasi semua keluhannya. Visit yg ke 10-15 adalah untuk menstabilkan kondisinya.
Penambahan Konsumsi herbal juga saya berikan mulai dari kunjungan yg ke 10. dan saya sarankan untuk bisa lebih sering mengkonsumsi herbalnya 1 paket/ minggu untuk menjaga supaya tidak mudah kambuh.
Teknik blood letting saya gunakan setiap sesudah  berselang 3 kunjungan. Resep Herbal nya tidak saya input di posting ini. Alasannya karena ini forum utk Akupunktur sih.... atau kalo ada yg mau  Shout aja yah... ntar sy kasih.... ( desperate nih... Shoutnya masih sepi...(he..he..)

Untuk keluhan Wasir, akupunktur cukup mampu untuk mengatasi keluhan ini. kasus2 yg ringan akan tuntas dgn 2-4 kali kunjugnan. kasus yg lebih parah akan menunjukkan hasil dalam 8-12 kunjungan.... Penggunaan herbal akan lebih menunjang proses therapy nya..


Yin and Yang Complementing each other , Upper and Lower Balancing each other.........

0 comments: