Bergabunglah Segera di " Weekend I Ching Acupuncture Clinic ". Observe and Experience .

Saya Mengundang teman2 yang ingin melihat langsung dan mengalami bagaimana style akupunktur " I Ching - Ba Gua ", untuk bergabung dalam klinik baksos yg saya buka sebulan sekali di hari minggu. Ini adalah kesempatan untuk mengenal dan mempelajari lebih jauh tentang Acupunture Meridian Therapy . Peserta dibatasi hanya Lima orang dalam tiap event. Untuk Lengkap nya silahkan simak pengumuman dan acara -event di group Facebook " Akupunktur Riset dan Study Group- Indonesia "

Thursday, August 27, 2009

Signifikansi Bleeding Therapy pada Titik Bl40, St40, Ear Apex

Salam Sehat,
Menyambung dari posting artikel yg lalu, kali ini saya akan membahas tentang bleeding therapy. Saya berharap bahwa teman2 akupunkturist boleh dengan lebih konfiden menerapkan teknik ini dlm berbagai  situasi di klinik.
Dalam suatu percakapan dgn guru saya, beliau berkata bahwa tanpa menguasai teknik bleeding, artinya seorang akupunkturist baru menguasai setengah dari ilmu akupunktur.
Jadi saya merasa ada perlunya untuk menampilkan artikel tentang Bleeding therapy ( teknik pengeluaran darah - Fang Xue), sebagai stimulasi atau sekedar pemanasan untuk lebih mengenal teknik ini sebelum Workshop yg rencananya akan saya adakan di akhir tahun... ( Mid Nov....)
Perlu teman2 ketahui... teknik ini sangat jauh berbeda dengan teknik bekam yang banyak dipakai para "Mbah Dukun " yang terus terang saya gak tau apa dasar teori nya. Namun bisa saja secara kebetulan akan menimbulkan efek yang sama.
Namun yang pasti saya tidak menganjurkan teman2 melakukan spt sebuah foto yg pernah saya lihat ; Seorang pasien yg sedang telungkup, dgn bagian punggung nya penuh dengan gelas kop yang memvakum hampir 500 cc darah (total)..... JANGAN PERNAH LAKUKAN INI.... kalau toh perlu untuk mengeluarkan darah dari pasien krn kasus pengentalan darah, ada baiknya sarankan utk donor saja.
 Atau bisa juga dgn melakukan penusukan pada titik Lu5 ( cari vena nya ) pakai Infus set... utk kemudian dikeluarkan  antara 20-50 cc/ minggu , sambil jangan lupa di anjurkan utk menjalankan water therapy. Kambali kepada teknik Bleeding, berikut ini adalah beberapa kutipan yg bisa kita dapat dari literatur klasik :
- Ling Shu Chapter 3 : Untuk mengobati penyakit Kronis, lakukan tusukan untuk mengeluarkan                                         darah
-Jia Yi Jing Chapter 1-14: Untuk menyembuhkan penyakit, keluarkan darah dari pembuluh yg banyak tersebar  di seluruh tubuh, ada yg halus spt jarum, dan ada juga yg besr seperti tendon.
-Nei Jing : Prinsip dari tusukan dgn pengeluaran darah adalah bahwa darah harus di keluarkan untuk mengobati penyakit kronis.
Dalam pendapat saya , Untuk penyakit kronis kebanyakan nampak adanya hiperaktivity dari faktor pathogen dan hambatan aliran darah ( blood stasis), sehingga ada gangguan pada sirkulasi darah.dan Teknik penusukan jarum ( akupunktur ) akan  membantu untuk mengatasi penyakit, namun kambuh nya penyakit akan terjadi kalau faktor pathogen dan blood stasis ini tidak di atasi sampai tuntas.. ..
Ada syair ( pepatah) kuno dikalangan praktisi TCM yg berkata: Untuk mengatasi Angin, seorang dokter harus memperhatikan darah, lancarnya sirkulasi darah akan menusir angin"
Prinsip dasar dari teknik Bleeding ini adalah: untuk menghilangkan angin panas dalam sisitem, mengaktivasi sirkulasi darah, menghilangkan pathogen lembab (panas + dingin ), dan menghangat kan Yang.
Jadi banyak kita dengar orang yg berkata di bekam utk buang darah kotor....., menurut saya penjelasannya akan lebih kena seperti yang saya sebutkan di atas.

Setelah saya uraikan di atas teman2 bisa melihat betapa penting dan signifikan nya teknik ini untuk menunjang keampuahn therapy akupunktur. namun sayang nya  teknik ini  jarang di pakai atau di ajarkan secara jelas. kebanyakan mungkin hanya di titik ujung jari... atau banyak yg melakukan bekam di punggung...
Dan si therapist nya melakukan ini tanpa tahu efek energy dinamik apa yg ingin dia capai. Saya harap sesudah membaca uraian di atas teman2 mulai tau untuk apa kita melakukan Bleeding therapy.
Pada artikel ini akan saya sampaikan tiga titik yg bisa kita lakukan bleeding ( ada banyak yg lain nya juga yg bisa kita bleed ada lebih dari 40an titik , namun spt yg saya katakan.... ini kan cuma pemanasan...he..he... nanti akan saya buka dgn jelas di seminar saya.)

Bl 40 ( Wei Zhong) : untuk menghangatkan Yang di Lower Back, menghilangkan lembab dan melancarkan sirkulasi darah pada Jiao bawah..  teman2 bisa melihat dampak nya dalam artikel saya yg terdahulu utk therapy wasir... banyak lagi ke ajaiban yg bisa terjadi di klinik teman2,... saya gak mau kasih koment lagi tentang dahsyatnya titik ini utk di bleed... buktikan sendiri dan nanti di share pengalamannya di shout box yah....

St 40 ( Feng Long) : titik ini merupakan titik yg penting utk di bleed... karena penyakit kronis pasti akan mempengaruhi fungsi Jiao tengah. akan ada akumulasi pathogen lembab ( bisa panas atau dingin ) yang terjebak di Jiao tengah. Nah teman2 pasti tau apa akibatnya kalau Pabrik pusat produksi Qi ada gangguan?  al bisa mempengaruhi fungsi otot, metabolisme lemak dan body fluid, jantung, sirkulasi energy di 4 anggota tubuh, dan...... banyak yg lain.... So. inti nya penting banget deh.... 

Ear Apex : Titik tertinggi di telinga kita...., Ini juga merupakan titik penting utk kita bleed. Kalau kita perhatikan meredian trajektory yg melingkari telinga, ada 2 divisi mered yg berhubungan langsung dgn telinga yaitu Tai Yang dan Shao Yang ( jadi ada 4 mered yg akan terlibat) yaitu  Si, Bl, SJ, GB... konsekwensinya kalau kita memperhatikan hubungan luar dalam ( Biao-Li) dari teori 5 unsur maka ada 8 mered yg terlibat. Jangan lupa Telinga adalah bagian tubuh yg cukup sensitif, artinya banyak simpul saraf yg terakumulasi di telinga. Prinsip nya untuk Sign n Symptom yg mempengaruhi sirkulasi energy di Jiao atas ( baik syndrome Shi atau Xu) titik ini boleh di bleed...

Sudah tiga titik penting yg saya sampikan, walaupun belum menncakup keseluruhan aspek dr bleeding teknik, namun saya harap bisa menjadi pemicu utk teman2 mempraktekannya di klinik, jgn lupa sharing pengalamannya yah....

Duh rasanya masih banyak teori  yg harus di jelaskan yah.... capek juga nih dah jam 5 pagi....
Btw....Keep Healthy, Keep Natural and Keep Learning..... GBU

Doa tidak membuat rencana Tuhan berubah dalam hidup Kita, Namun Doa akan membuat kita mengerti apa rencana Tuhan dalam hidup kita.

0 comments: