Bergabunglah Segera di " Weekend I Ching Acupuncture Clinic ". Observe and Experience .

Saya Mengundang teman2 yang ingin melihat langsung dan mengalami bagaimana style akupunktur " I Ching - Ba Gua ", untuk bergabung dalam klinik baksos yg saya buka sebulan sekali di hari minggu. Ini adalah kesempatan untuk mengenal dan mempelajari lebih jauh tentang Acupunture Meridian Therapy . Peserta dibatasi hanya Lima orang dalam tiap event. Untuk Lengkap nya silahkan simak pengumuman dan acara -event di group Facebook " Akupunktur Riset dan Study Group- Indonesia "

Friday, August 7, 2009

DU MAI, REN MAI ,CHONG MAI

Salam Sehat,
Menyambung kelanjutan dari artikel ter dahulu, ada baiknya saya membahas tentang ke3 karakter Meredian ini ( DU, REN,CHONG).Sebabagi mana telah banyak di ketahui bahwa ke3 meredian ini adalah bagian dari 8 meredian istimewa ( Extraordinary- Wonder) . Dengan memahani ke 3 meredian ini, maka akan Ada suatu kesinambungan Aliran Energy yg dapat memperjelas sistem therapy Akupunktur untuk teman2 yg masih mempelajari nya.

Keseluruhan sumber Untuk bahan2 ini adalah hasil penelusuran dan di sarikan dari beberapa buku klasik yg sangat menarik untuk di simak oleh teman2 praktisi, Yaitu dari Komentar Wang Su He terhadap Nan Jing (300AD), Qi Jing Ba Mai Kao ( Li She Zhen),Jia Yi Jing (Huang Fu Mi- 250AD) dan Zhen Jiu Da Cheng (1601).
Meredian Trajektori nya tidak akan sy bahas dgn detil, namun akan saya singgung bilamana perlu untuk mendukung penjelasan argumen.

Pertama2 mari kita lihat tentang 3 meredian Istimewa yg mendominasi Torso; REN, DU, CHONG. KeTiga meredian ini mempunyai hub langsung dgn 12 meredian. Adapun sifat hubungan nya adalah sbb:

- Du Mai, disebut sbg Lautan Yang ( Ocean of Yang)

- Ren Mai, disebut sbg Lautan Yin ( Ocean of Yin)

- Chong Mai, disebut sbg Lautan dr 12 meredian, Lautan dr 5 organ Yin dan 6 organ Yang, Lautan Xue, dan Origin dari Ming Men (Moving Qi Between the Kidney).

Kata "LAUTAN" dalam hal ini berarti "SUMBER" atau " Terdapat dalam Jumlah yg Banyak"
Li She Zhen menjelaskan ttg hal ini bahwa REN, DU, Chong adalah saling berhubungan ( interrelated) :" Sebenarnya adalah Satu sumber dengan 2 cabang, yg satu bergerak kedepan, dan yang satu lagi bergerak kebelakang ."

Lebih jauh lagi dalam komentar nya terhadap Nan Jing, Wang Su He berkata :
" Du, REN,dan Chong bermula dari titik ST 30 ( QiChong), Ini adalah titik sumber yang bercabang 3"

Dari penelusuran yg lebih detail, di ketahui bahwa QiChong/ QiJie adalah suatu lokasi di bawah pusar ( Dan Tian) dimana pada wanita adalah Lokasi Uterus ( kandungan), atau dikatakan Juga suatu Gerakan Qi diantara dua Ginjal ( Moving Qi between the Kidney)- Ming Men.

Dalam Ling Shu dikatakan bahwa
"Cabang yang didalam ( tengah) terletak anterior dan paralel dengan tulang belakang " ,

kalau kita lihat dari struktur anatomy, hal ini cukup beralasan bagi kita untuk mengkaitkan statement diatas dengan AORTA atau VENA CAVA .
Ada statement lainnya yg juga cukup menunjang hipotesa ini dalam LING SHU, CHONG MAI adalah"Lautan Darah yg mengalirkan/ mensuplai darah kepada 5 organ Yin dan 6 organ Yang."

Untuk Jelasnya tentang Aliran ( Trajectory) ke 3 meredian ini dapat disimpulkan sbb:
Bermula dari area dibawah perut ( Dan Tian) lalu bergerak ke tengah tulang Pubic, lalu bergerak ke Perineum , dari sana ada yang bergerak kedepan memulai meredian Ren, dan ada yang bergerak kebelakang memulai meredian DU , dan yang di tengah bergerak ka atas sebagai Axis/ Pivot di dalam rongga torso yaitu Chong.


Dalam komentarnya terhadap Su Wen, WANG BING (abad 18) mengatakan : Du Mai, Ren Mai, dan Chong Mai punya nama yang berbeda, namun sebenarnya adalah sama. ( Nei Jing Jie Po Sheng Li Xue)

Lebih jauh dalam Pathologies Suwen tentang Chong, Ren, Du dapat saya sampaikan sbb:

Chong Mai
: berhubungan dengan keluhan / penyakit yg melibatkan sistem sirkulasi darah ( Cardio Vascular). juga dalam hal ini harus di perhatikan konsep TCM
tentang hubungan organ Jantung dan Ginjal ( lihat artikel sebelumnya), sakit di perut bawah dan diarea

Ren Mai
: Sebagai meredian yg dijuluki " Lautan Yin" , Ren Mai sangat mempengaruhi aktivitas sirkulasi meredian Yin dan Juga organ Yin, pathology utama yg mudah terlihat
adalah karakter natur Yin yg berlebih, ( Dingin), gerakan reversal dari YIN
( bergerak kebawah, seharusnya keatas), sehingga terjadi akumulasi dan
kondensasi Yin di organ bagian bawah torso ( pembentukan Kista atau Tumor ),
atau juga terjadi discharge ( leukorrhea, Spermatorrhea)

Du Mai
: dengan Julukan " Lautan Yang", Du Mai sangat mempengaruhi aktivitas sirkulasi meredian Yang dan juga organ Yang. Pathology utama yang sering dijumpai adalah keluhan sepanjang tulang belakang, sehingga sirkulasi ke kepala ada gangguan (aliran yang berlebih ).
Du Mai memiliki karakter Yang yg sangat kuat, dan secara natural akan bergerak keatas menyebabkan kondisi Excess ( Shi) pada Jiao atas, dan meninggalkan tanggung jawabnya di bagian bawah ( Jiao Bawah).Oleh karena itu dalm banyak olahraga Chi Kung atau latihan pernapasan banyak dilatih untuk menghimpun energy di bagian bawah perut dan ekor tulang belakang, hal ini maksudnya untuk menjaga energy penghangat YANG untuk tidak bergerak terlalu liar ke bagian atas .
Keluhan2 yg sering di jumpai dalam hal ini adalah: Stroke, Tumor Otak, Masalah2 pada Otak, Epilepsy, Neuropathy, Nervous Tension, Neuro Muscular, Fungsi sensor di kepala, penyakit urogenital, Enuresis, hemorroid, prostat, infertility,hernia, impotence, gangguan mensturasi, Ejakulasi dini, dll.
Jika Dumai mengalami kondisi Defficiency ( XU), maka akan terjadi hal2 sbb, al : penyakit congenital dan degeneratif, imuno deficiency, pertumbuhan yg lambat, tualng2 dan sendi yg lemah, penyakit kronis, CFS,MS, dll.

Ren Mai dan Du Mai akan saling melengkapi dalam fungsinya dgn cara saling menopang dan saling kontrol ( membatasi), Dalam hal ini Ren Mai sebagai pendingin, Du Mai sebagai penghangat

Pada Wanita , karena bersifat Yin, akan lebih menampakkan pathology Ren Mai ( Yang tidak terkontrol oleh Du Mai) ,al: infertility, Polycystic, Fibroids, dll.

Pada pria, karena bersifat Yang, akan lebih menampakkan pathology Du Mai ( yg tidak terkontrol oleh Ren Mai), al : Hernia, Prostat.

Demikianlah pembahasan kali ini, saya berharap ada pencerahan yang lebih baik dalam kaitannya dengan artikel yang terdahulu.Mengenai aplikasi dalam klinik dan pemilihan titik yg efektif memang tidak saya tampilkan dalam blog ini karena akan lebih hidup jika disampaikan secara tatap muka dengan kasus yg real.

Kalau ada yg tidak jelas bisa kontak saya di teddy_kusnadi2001@yahoo.com , saya mengundang untuk pembaca yg baru berkunjung di blog ini bisa bergabung di group face book " Akupunktur Riset dan Study Group- Indonesia". Stay healthy...... n GBU


Journey of thousands miles start from one step.........

0 comments: